DELEGASI TUGAS? WHY NOT….

28 02 2008

Anda pasti sering mendengar istilah ini: PENDELEGASIAN.
Pendelegasian ini sangat penting di semua tingkatan organisasi, baik
bisnis maupun sosial; dan sebaiknya dipelajari oleh siapapun, yang
ingin menjadi PEMIMPIN YANG BERHASIL. Pendelegasian ini merupakan
sarana manajemen terbaik, yang tersedia bagi eksekutif. Tetapi, kita
bahkan sering mendengar berita tentang eksekutif perusahaan yang
tidak dapat mendelegasikan tugas.

Jika TIDAK ADA PENDELEGASIAN dalam suatu organisasi atau perusahaan,
sehingga organisasi ini sepenuhnya berpusat pada ENERGI SATU ORANG,
maka akibatnya adalah, organisasi ini akan menjadi KAKU, BERAT, dan
LAMBAN BERAKSI. Dan, tidak ada unsur aktif progresif dalam strategi
manajemennya yang memprediksi masa depannya. Pada gilirannya,
organisasi atau perusahaan ini menjadi terhambat, tertatih-tatih
berjalan, dan akhirnya menyerah pada penurunan ekonomi secara tragis!

Mengapa kita harus mendelegasikan tugas? Manfaat pendelegasian ada
dua, yaitu membantu pimpinan atau manajer untuk menjadi efisien dan
efektif, serta sangat penting bagi pengembangan potensi pegawai
bawahannya. Sehingga kekuatan serta efisiensi perusahaan secara
keseluruhan akan meningkat!

Pendelegasian yang berhasil, akan mengurangi tuntutan bawahan atas
waktu Anda, dan memaksa mereka untuk lebih banyak membawa solusi
kepada Anda. Sehingga Anda memperoleh banyak waktu dan kesempatan
untuk berpikir, merenungkan, dan membuat rencana.

Seni mendelegasikan menggambarkan kepercayaan bawahan Anda, bahwa
mereka dapat menyelesaikan pekerjaannya. Pendelegasian ini juga
memberikan manfaat bagi bawahan Anda. Jika mereka belajar bahwa Anda
percaya kepada mereka, bahwa Anda memberikan peluang untuk tumbuh
dan diakui; maka mereka akan bangkit untuk memenuhi pengharapan Anda.

Demikian juga, kegigihan Anda memotivasi agar mereka menghadapi
setiap tantangan, belajar untuk mendefinisikan masalah dengan tepat,
mencari akar dari persoalan, mencari pemecahan terbaik, dan
menyajikannya kepada Anda lengkap dengan rencana tindakan mereka…ini
merupakan LATIHAN MANAJERIAL TERBAIK bagi mereka. Tindakan
pendelegasian dapat memperluas ketrampilan dan pengalaman bawahan
Anda! Anda dapat membuat mereka menjadi lebih bernilai bagi dirinya
sendiri dan organisasi atau perusahaan.

Sebenarnya tindakan mendelegasikan tugas itu cukup sederhana. Yang
penting Anda ketahui, ada 4 (empat) langkah dasar dalam proses
pendelegasian, sebagai berikut:

1. Memilih bawahan

Siapa yang memiliki, atau dapat memiliki semua
data yang perlu untuk mengerjakan pekerjaan? Apakah dia memiliki
kemampuan untuk menangani masalahnya? Apakah Anda yakin dapat
berharap, bahwa orang yang Anda beri tugas itu bisa berhasil?

2. Saling menyetujui hasil akhirnya

Anda tidak akan memboroskan aktu dalam pembicaraan hal ini. Harus ada pengertian penuh dari semua pihak mengenai sasaran yang diinginkan, dan penjelasan
bagaimana sasaran itu akan diukur. Tetapi rincian mengenai cara
bagaimana tugas itu akan diselsesaikan, sebaiknya diserahkan kepada
bawahan, selama masih berada dalam batasan pedoman dan kebijakan
perusahaan.

3. Memberikan wewenang dan sarana untuk menyelesaikan tugas

Tantangannya terletak pada kepastian, bahwa individu cukup wewenang
untuk menyelesaikan tugas secara proporsional. Tetapkan batas
bidang, dimana individu bebas untuk bertindak sendiri, dan sediakan
cukup dana, sumberdaya manusia, serta waktu untuk menyelesaikan
pekerjaan. Tetapkan koordinasi yang Anda perkirakan perlu, dan
pastikan bahwa semua yang berkepentingan diberitahu dengan jelas
mengenai hal ini.

4. Memantau tugas penting

Anda harus lebih banyak memeriksa tugas ang Anda berikan, daripada memeriksa orangnya! Anda bebas erkeliling untuk memantau bawahan Anda, tetapi berkonsentrasilah ada usaha untuk menemukan kekuatan dan keberhasilan. Tidak mudah mengomel atas terjadinya kesalahan dan kelemahan kecil! Anda sedang
dalam proses untuk membangun kepercayaan dan saling percaya, dan hal
ini memerlukan pemusatan perhatian pada segi positif dari sumberdaya
manusia Anda.

Melalui Seni MENDELEGASIKAN TUGAS ini, Anda dapat menyediakan IKLIM
yang menumbuhkan RASA SALING PERCAYA dan pertumbuhan yang MEMUPUK
MOTIVASI setiap pegawai Anda.

Apakah Anda dapat membayangkan EFISIENSI dan PRODUKTIVITAS setiap
divisi di perusahaan Anda, dimana setiap orang di dalamnya mampu
menangani masalah – seakan-akan itu masalahnya sendiri, dan berusaha
untuk memenuhi standar lebih tinggi, serta merasa dirinya seorang
pemenang?

dari berbagai sumber

About these ads

Actions

Information

2 responses

28 02 2008
Monika Tanu

Tjianx, pls advise dong… kalo kaya kasus gue
yang diexpect untuk mendesain semuanya sendiri,
kira-kira bentuk delegasinya kaya apa yah?

28 02 2008
felixchristiono

cari anak buah misalnya? yang kira2 masih junior untuk desain webnya? ntar kita kasih fee aja. mirip2 dengan drafter-nya di arsitek gitu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: